KELOMPOK TANI MEKAR JAYA SAKTI DESA DATARAN KEMPAS

Foto untuk : KELOMPOK TANI MEKAR JAYA SAKTI DESA DATARAN KEMPAS

jpnn.com, TANJUNG JABUNG BARAT - Keuletan dan kerja keras Kelompok Tani Mekar Jaya di Desa Dataran Kempas, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, membuahkan hasil yang memuaskan.

Mereka bisa memproduksi pupuk kompos dari kotoran sapi dan limbah sawit dengan kapasitas produksi mencapai 1.000 ton.

Menurut Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya, Supari, konsep pemanfaatan limbah terpadu yang dijadikan pupuk organik ini untuk menghadapi peremajaan kelapa sawit agar petani tidak kehilangan pendapatan sementara.

Kelompok tani yang berada di sekitaran konsesi unit forestry APP Sinar Mas, PT Wira Karya Sakti (WKS) itu mengandalkan komoditas perkebunan kelapa sawit dan beternak sapi.

"Pupuk kompos hasil produksi kelompok petani di desa ini disuplai untuk memenuhi kebutuhan ke WKS, sehingga untuk pemasaran sudah tidak sulit," kata Supari.

"Rata-rata usia tanam kelapa sawit di desa ini sudah mencapai 22 tahun dan mulai memasuki proses peremajaan, sehingga dengan adanya pengembangan pupuk kompos ini nantinya dapat menjadi hasil sumber pendapatan alternatif," tambahnya.

Pupuk kompos yang dihasilkan kelompok tani tersebut, bahan bakunya bersumber dari limbah pelepah kelapa sawit dan kotoran sapi dan berbagai bahan lainnya, yang kemudian melalui proses fermentasi.

Kelompok Tani Mekar Jaya ini beranggotakan 30 orang petani yang menerima manfaat langsung dengan nilai bantuan untuk pengembangan pupuk kompos sebesar Rp150 juta.

sumber : jpnn.com https://www.jpnn.com/news/kelompok-tani-ini-mampu-produksi-kompos-hingga-1000-ton