Anggota ISEI Berkunjung ke Rumah Kompos Tebing Tinggi Jambi

Foto untuk : Anggota ISEI Berkunjung ke Rumah Kompos Tebing Tinggi Jambi

Laporan wartawan Tribun Dedy Nurdin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Puluhan orang dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) mengunjungi rumah kompos di Desa Dataran Kempas, Tebing TinggiKabupaten Tanjab Barat, yang menjadi Pilot Project Asian Pulp And Paper (APP) Sinar Mas pada Minggu (10/12).

Lokasi yang dituju "rumah kompos" menjadi Pilot Projek APP Sinar Mas, berada diantara rimbunnya pepohonan kelapa sawit menjulang tinggi. Diperkirakan usia pohon sawit itu sekitar 20 tahun.

Saat pintu mobil dibuka bau khas kotoran sapi menusuk hidung. Bau ini mucul dari beberapa bangunan gudang yang terisi tumpukan karung putih. Tumpukannya tersusun rapi dan di bangunan sebelahnya tampak kelompok wanita, tua muda memegang sekop dengan baju seragam. Di wajahnya terpasang masker penutup hidung.

Beberapa pria tampak menggunakan mesin pengaduk yang terus bekerja menggemburkan tumpukan tanah di bawah bangunan tanpa dinding itu.

Rumah kompos ini menjadi andalam bagi masyarakat Desa yang tergabung dalam kelompok Tani Mekar Jaya yang dikelola puluhan anggota. Karung-karung ini diberi merek Raja Kompos.

Rumah Kompos ini berlokasi di distrik I Areal PT Wira Karya Sakti (WKS) di Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing TinggiKabupaten Tanjab Barat. Lokasinya berjarak 115 kilometer dari pusat Kota Jambi. Butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai ke sini. (dnu)

sumber : TRIBUN JAMBI http://jambi.tribunnews.com/2017/12/11/anggota-isei-berkunjung-ke-rumah-kompos-tebing-tinggi-jambi